Inovasi Entrepreneurial Marketing bagi Bisnis Start-Up Online untuk Memperkuat Merek melalui Pop-Up Stores
Abstract
Entrepreneurial Marketing merupakan kegiatan pemasaran oleh usaha dengan skala kecil menengah
menggunakan pendekatan kewirausahaan. Pelaku bisnis yang mampu merespon kondisi pasar dengan cepat dan
mengantisipasi perubahan pasar dapat disebut seorang entrepreneurial marketer. Hal ini sangat diperlukan terutama
bagi pelaku bisnis start-up yang harus terus berinovasi demi mengembangkan merek dan meningkatkan permintaan.
Secara umum, pelaku bisnis start-up masih belum dipercaya oleh masyarakat karena merek yang dimiliki masih baru,
terlebih bagi pelaku bisnis start-up online, kepercayaan masyarakat masih belum diperolehnya. Masyarakat masih
belum dapat percaya antara lain karena mereka tidak memiliki toko fisik, sehingga tidak dapat melihat, menyentuh, atau
merasakan produk secara langsung. Hambatan tersebut dapat diatasi melalui pop-up stores sehingga calon konsumen
dapat lebih yakin sebelum membeli produknya. Melihat fenomena tersebut, peneliti ingin mengidentifikasi apa yang
menjadi hambatan bagi bisnis start-up dalam mengembangkan pasarnya. Penelitian yang dikembangkan adalah
kualitatif dengan metode wawancara terhadap 8 kelompok proyek bisnis mahasiswa Universitas Ciputra, Surabaya.
Penelitian ini menghasilkan sebuah strategi entrepreneurial marketing melalui pengembangan pop-up stores yang sesuai
kebutuhan proyek bisnis mahasiswa Universitas Ciputra. Harapannya strategi tersebut dapat diterapkan bagi pelaku
bisnis start-up untuk memperkuat merek dan meningkatkan permintaan konsumen.