ATRIBUT YANG MENJADI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK PRIME SAUCE
Abstract
Latar belakang dibuatnya penelitian ini adalah penjualan dari Prime Sauce
yang cenderung stagnan setiap bulannya. Penjualan produk yang pada awalnya
bertahap meningkat menjadi semakin turun dan cenderung stagnan, hal tersebut
disebabkan banyaknya konsumen yang merasa bosan dengan varian rasa yang
diproduksi Prime Sauce. Perusahaan berupaya untuk menanggulangi masalah
tersebut dengan ide pengembangan produk. Tujuan dari penelitian ini untuk
meneliti atribut yang menjadi preferensi konsumen demi menghasilkan
pengembangan produk yang sesuai dengan minat konsumen. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik
pengumpulan data. Sampel berasal dari sebagian penduduk Surabaya yang
mengkonsumsi saos instan. Preferensi dari responden akan diolah dengan
program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan atribut varian rasa dan ukuran yang
diminati adalah Szechuan Sauce dengan ukuran 200ml. Dari hasil tersebut
perusahaan dapat memutuskan untuk memproduksi produk baru Prime Sauce
yang diminati pasar.