ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL TERHADAP PERUBAHAN NILAI TUKAR MATA UANG PADA USAHA POCHETTE BAG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti metode penetapan harga apa yang
sebaiknya dipakai dalam menghadapi perubahan nilai tukar yang terjadi pada
bisnis Pochette Bag. Penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu cost plus
pricing, value based pricing, dan competitive driven pricing. Penelitian yang
dilakukan adalah penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa
wawancara dan dokumentasi dan menggunakan triangulasi sumber sebagai alat
analisis. Wawancara dilakukan kepada enam orang, yang terbagi menjadi dua
orang pemilik perusahaan sejenis, dua orang pakar,dan dua orang konsumen
Pochette Bag.
Analisis data pertama dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi
harga yang ditawarkan oleh perusahaan sejenis dengan barang yang sama,
kemudian dilakukan perhitungan harga pokok produksi dengan metode variable
costing, kemudian dilakukan perhitungan harga jual dengan menggunakan ketiga
metode yang telah ditetapkan. Setelah mempertimbangakan latar belakang
penelitian, maka hasil dari penelitian ini adalah metode penetapan harga yang
digunakan adalah competitive driven pricing, yaitu sebuah penetapan harga yang
melihat harga yang ditawarkan oleh perusahaan sejenis terlebih dahulu sebelum
membentuk harga jual yang akan ditawarkan oleh perusahaan.