ANALISIS MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK INDIVIDUAL PADA USAHA PICK A CHICK
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya penjualan dari perusahaan Pick A Chick meskipun permintaan pasar di industri makanan terus meningkat. Hal ini terjadi meskipun segi marketing, dan kualitas produk dari perusahaan tidak ada masalah. Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata masalah berasal dari kurangnya motivasi kerja anggota perusahaan sehingga output dari perusahaan tidak dapat maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik dari anggota Pick A Chick sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja anggota. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Informan berupa anggotaPick A Chick, karyawan Pick A Chick, dan pengusaha bidang makanan yang lebih senior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dalam Pick a Chick berupa achievement, recognition, the work itself, responsibility, advancement, dan motivasi ekstrinsik berupa policy and administration, quality supervisor, interpersonal relationship,dan salary, wages, income.