EVALUASI KUALITAS LAYANAN LENTERA
Abstract
Lentera perlu meninjau kualitas layanan dan memahami kualitas layanan yang
seharusnya dijalankan agar Lentera mampu mengungguli kompetitor, meningkatkan
nilai penjualan, serta mempertahankan eksistensi usahanya. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memahami kualitas layanan yang seharusnya dijalankan oleh Lentera.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Data primer pada
penelitian diperoleh dari enam orang informan, yang terdiri dua orang konsumen
Lentera, satu orang konsumen Gurme, satu orang konsumen Tiga Pria Lucu, serta dua
orang pakar dalam bidang pemasaran. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis
secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada kelemahan dalam
kualitas layanan Lentera, khususnya pada aspek reliabilitas, dimana diketahui bahwa
Lentera pernah melakukan kesalahan dalam dalam mengirimkan jumlah pesanan
konsumen. Di samping itu, aspek daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik
hanya membutuhkan penambahan-penambahan agar mampu mendukung Lentera
dalam mengatasi tantangan dalam usaha yang dijalankan. Penelitian ini dapat
dimanfaatkan untuk bisnis makanan lainnya yang sejenis agar dapat meningkatkan
penjualan dan bersaing secara kompetitif. Bagi penelitian selanjutnya disarankan
untuk tidak hanya memperhatikan kualitas layanan saja, melainkan juga variabelvariabel
lain yang dapat membantu perusahaan mengungguli kompetitor dan menjaga
eksistensi usaha