PENGARUH RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE DAN EMPATHY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN FLOSLAND
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reliability,
responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen Flosland.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 93 responden yang pernah
membeli di Flosland. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif,
menggunakan teknik random sampling dan pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah kolerasi pearson, cronbach
alpha, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji asumsi klasik. Hasil dari analisis
regresi yang didapat adalah Y = 0,773 + 0,107 X1 + 0,122 X2 + 0,334 X3 + 0,228
X4, yang artinya adalah kepuasan konsumen dipengaruhi oleh reliability,
responsiveness, assurance, dan empathy. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan
dapat disimpulkan bahwa: 1) reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi berganda (uji t) diketahui
bahwa nilai signifikansi < 0,05 (0,023). 2) responsiveness berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi berganda
(uji t) diketahui bahwa nilai signifikansi < 0,05 (0,013). 3) assurance berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi
berganda (uji t) diketahui bahwa nilai signifikansi < 0,05 (0,000). 4) empathy
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dilihat dari hasil
analisis regresi berganda (uji t) diketahui bahwa nilai signifikansi < 0,05 (0,001).
Reliability, responsiveness, assurance, dan empathy bersama-sama memiliki
pengaruh yang kuat dan searah dengan kepuasan konsumen (67,1%). 32,9% lainnya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.