ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK “BUSANA ELENER”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi, dan promosi secara simultan dan parsial terhadap minat beli konsumen. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif eksplanatif untuk meneliti hubungan antara bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada produk “Busana Elener”. Penelitian ini dilakukan di toko Busana Elener yang berlokasi di Jl. Kaliurang Km 4,5 Selokan Mataram, Karangbendo atau utara Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pembeli produk “Busana Elener”. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: 1) membeli produk “Busana Elener” sebanyak 2 kali atau lebih; 2) menjadi pelanggan selama 2 tahun atau lebih. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan observasi. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh penulis menggunakan analisis regresi berganda. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F, dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Product, price, place, dan promotion berpengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen pada produk “Busana Elener”; 2) Product berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pada produk “Busana Elener”; 3) Price berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pada produk “Busana Elener”; 4) Place berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pada produk “Busana Elener”; 5) Promotion berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pada produk “Busana Elener”.