RANCANG BANGUN VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG EDUKASI KORBAN PERUNDUNGAN
Abstract
RANCANG BANGUN VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG EDUKASI
KORBAN PERUNDUNGAN
Perundungan dapat membawa dampak traumatik luar biasa yang dapat
mempengaruhi kehidupan anak ataupun remaja pada tahap perkembangan
selanjutnya. Sayangnya kasus perundungan belum banyak mendapatkan perhatian
serius dari guru atau orangtua. Hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi korban
perundungan tersebut. Seiring dengan berkembangnya teknologi di era modern saat
ini, perkembangan game di dunia sudah semakin pesat, salah satunya yang populer
adalah game berbasis digital. Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa bermain game
edukasi dapat menjadi salah satu cara bagi korban perundungan dalam menghadapi
perilaku perundungan. Game edukasi dikemas untuk merangsang daya pikiran,
termasuk dapat meningkatkan tingkat konsentrasi dan pemecahan masalah, yang
dapat digunakan sebagai teknik pembelajaran interaktif yang efektif bagi anak usia
dini, hal ini dikarenakan sebagian anak dalam usia dini mempunyai rasa
keingintahuan yang tinggi pada semua hal yang berada di lingkungan sekitarnya.
Di sisi lain, novel dapat digunakan untuk memberi pencerahan dan menguraikan
kesadaran serta memberikan panduan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Maka dari itu, diambil kesimpulan berupa sebuah solusi yaitu game berupa Visual
Novel yang dapat digunakan sebagai media pendukung edukasi korban
perundungan. Metode pengembangan dari visual novel ini menggunakan metode
System Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari tugas akhir ini adalah
membuktikan bahwa visual novel ini dapat dijadikan sebagai media pendukung
dalam mengedukasi korban perundungan.