• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Teknik Informatika
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Teknik Informatika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RANCANG BANGUN APLIKASI TUKAR MENUKAR BARANG BERBASIS MOBILE

    Thumbnail
    View/Open
    Cover (167.0Kb)
    Pernyataan Keaslian Skripsi (299.9Kb)
    Persetujuan Dosen Pembimbing (250.5Kb)
    Persetujuan Tim Penguji (255.5Kb)
    Abstrak (259.3Kb)
    Kata Pengantar (513.4Kb)
    Daftar Isi (701.9Kb)
    DAFTAR GAMBAR (719.2Kb)
    Daftar Tabel (280.1Kb)
    Daftar Listing (275.0Kb)
    Bab 1 (1.130Mb)
    Bab 2 (1.312Mb)
    Bab 3 (7.211Mb)
    Bab 4 (7.230Mb)
    Bab 5 (1.957Mb)
    Daftar Pustaka (513.6Kb)
    DAFTAR LAMPIRAN (262.6Kb)
    Lampiran A (787.3Kb)
    Lampiran B (845.3Kb)
    Lampiran C (591.3Kb)
    Lampiran D (618.2Kb)
    Lampiran E (484.7Kb)
    Lampiran F (802.8Kb)
    Date
    2018
    Author
    Pangestu, Lois
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RANCANG BANGUN APLIKASI TUKAR MENUKAR BARANG BERBASIS MOBILE Tukar menukar barang atau sering disebut barter adalah transaksi / kegiatan saling menukar barang antara barang yang dimiliki dengan barang yang diinginkan. Tetapi dengan menggunakan sistem barter, masyarakat sering mengalami kesulitan untuk mencari dan melakukan transaksi barter. Karena itu masyarakat menciptakan uang sebagai media pembayaran yang dirasa lebih flexibel untuk ditukar dengan barang. Tetapi nyatanya, sampai saat ini masih banyak ditemui masyarakat yang berminat menggunakan sistem barter untuk bertransaksi. Masyarakat memanfaatkan sosial media agar lebih mudah untuk mempromosikan barang barter dan mencari barang barter yang diinginkan. Tetapi kegiatan transaksi yang ada di media sosial / komunitas dilakukan antara 2 pihak tanpa ada perantara/ pengawasan dari admin. Hal ini dapat memacu terjadinya penipuan apabila pengguna yang bertransaksi memiliki lokasi yang berjauhan sehingga bertemu secara langsung sulit untuk dilakukan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, diperlukan sebuah media yang dapat menampung dan membantu masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan barter. Salah satu media yang dapat digunakan adalah mobile application pada perangkat smartphone. Dengan memanfaatkan mobile application yang memiliki banyak kelebihan dan manfaat, peneliti ingin membuat aplikasi yang dapat membantu masyarakat mencari barang yang ingin di barter dan membantu para pengguna untuk melakukan proses barter. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan arsitektur client-server dimana client merupakan perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan server menggunakan Firebase. Selain itu aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model reverse waterfall. Hasil akhir pada penelitian ini yaitu aplikasi tukar menukar barang ini dapat digunakan sebagai media yang dapat membantu masyarakat melakukan kegiatan barter melalui perangkat mobile. Hasil tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat digunakan untuk membantu pengguna melakukan kegiatan barter.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1542
    Collections
    • Teknik Informatika

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire