PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN MEDIA PROMOSI KRYA HOME DECOR SEBAGAI NATURAL PRODUK MATERIAL
Abstract
Perancangan konsep bisnis Krya Home Decor dilakukan untuk tujuan
menjelaskan proses perancangan bisnis Krya Home Decor yaitu menjual produk
dekorasi ruangan dengan bahan bersifat nature dan eco friendly yang
dikombinasikan dengan desain tanaman hidup termasuk tanaman karnivora, dan
kaktus. Disamping itu dekorasi rumah berbahan nature tidak hanya memberikan
pengaruh eco friendly saja namun juga fungsionalitas yang baik di kehidupan
urban. Tujuan dari pembuatan ide bisnis ini dikarenakan kehidupan perkotaan
dengan industri yang meningkat pesat menyadarkan akan banyak ekosistem
yang rusak terutama tumbuhan, dan ingin menjadikan bagian ekosistem
tumbuhan menjadi hal yang berguna dan berdampak besar bagi urban living.
Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu
wawancara, dan metode kuantitatif yaitu pembagian kuesioner ke target
kustomer yang berdomisili di Surabaya. Kesimpulan hasil penelitian yang didapat
yaitu masyarakat perkotaan tertarik akan produk dari Krya Home Decor untuk
digunakan di era urban. Selain itu bentuk dan warna sangat mempengaruhi agar
produk terlihat lebih menarik dan desain dengan gaya scandinavian. Gaya visual
yang digunakan untuk menyampaikan brand story dan value adalah gaya desain
nature scandinavian, yang pada esensinya scandinavian desain adalah desain
yang mengarah pada penggunaan material alam sehingga warna yang
digunakan lebih kalem dan netral.