PERENCANAAN PROMOSI BOUTIQUE HOTEL X
Abstract
Hotel X adalah "Javanese-Colonial" Boutique Hotel yang akan dibangun di
lahan Singhasari Residence, Jalan Klampok, Singosari yang mengangkat tema
Luxury, Ethnic, Eco Green Hotel. Hotel X mempunyai positioning "Your preferred
Boutique Dutch-Colonial Hotel for an unforgettable Nostalgic Experience of Java".
Hotel X bercita-cita menjadi preferred boutique hotel bagi customer yang
mendambakan pengalaman yang lebih melalui konsep dan desain yang unik,
menghadirkan suasana nostalgia kolonial, dengan tingkat pelayanan yang prima
dan bersahabat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan merencanakan promosi
boutique hotel X.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian
perencanaan promosi boutique hotel X, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
iklan dilakukan pada media masa majalah, koran, televisi mulai ditinggalkan.
Sekarang iklan mulai beralih ke sosial media, dapat dikatakan saat ini sebagian
besar iklan menggunakan online advertising. Selain memperhatikan harga,
kekhususan dari konsep tematik boutique hotel yang diangkat harus teraplikasi
dengan baik dan promosi penjualannya harus mengikuti dan menyesuaikan konsep
dari boutique hotel itu sendiri. Saat ini hubungan masyarakat dan publisitas yang
dilakukan oleh boutique hotel lebih banyak melibatkan media online daripada media
offline. Walaupun harga dan promosi penjualan penting bagi konsumen, sales
diharapkan mengenal konsep dari boutique hotel yang ditawarkan secara
mendalam. Karena sales mempresentasikan boutique hotel itu sendiri. Saat ini
social media sales mempunyai peranan signifikan didalam brand awareness
maupun brand maintenance di dalam perusahaan boutique hotel. Pada masa ini
konsumen yang memesan kamar hotel lewat travel agent berkurang, konsumen
mulai memesan kamar hotel lewat online. Tujuan akhir dari direct marketing sebuah
boutique hotel adalah supaya konsumen booking hotel lewat website hotel itu
sendiri. Pembawa Word of Mouth (WOM) lebih banyak kepada influencer social
media yang mempunyai banyak follower seperti blogger, vlogger, orang yang di
endorse.