FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN DI ALIM JAYA
Abstract
Perusahaan yang bergerak di bidang persewaan alat berat di Indonesia
memiliki potensi yang bagus dari prospek pasar, namun di dalam bidang
infrastruktur masih tergolong kurang. Salah satu perusahaan yang bergerak
dibidang infrastruktur yaitu persewaan alat berat excavator adalah Alim Jaya.
Dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, Alim Jaya perlu memberikan layanan
yang terbaik, meningkatkan kualitas produk dan kepercayaan pelanggan, tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas
layanan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di
Alim Jaya
Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan di Alim Jaya sebanyak 32
pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh.
Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM menggunakan software PLS.
Hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kualitas
produk, kualitas layanan, kepercayaan, dan kepuasan yang membentuk loyalitas
pelanggan di Alim Jaya. Serta faktor kepuasan yang dominan membentuk
loyalitas pelanggan yaitu sebesar 66.6%.