PENENTUAN TARGET PASAR PADA USAHA HAPPY TOAST
Abstract
Daya beli masyarakat yang meningkat memberikan peluang bagi industri
makanan dan minuman. Bersamaan dengan itu, industri makanan dan minuman di
Jawa Timur didominasi oleh usaha kecil sehingga persaingan di dalamnya sangat
ketat. Guna menjadi perusahaan yang unggul di dalam industri, perusahaan
dituntut untuk memahami keinginan konsumen untuk pemasaran produknya.
Happy Toast memproduksi roti panggang dengan membuka gerai secara
langsung. Perpindahan di tiga lokasi gerai yang berbeda mempunyai karakteristik
konsumen yang berbeda sehingga Happy Toast melayani pasar yang heterogen
dan tidak terfokus. Hal ini menimbulkan suatu permasalahan mengenai target
pasar yang tepat untuk Happy Toast.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mengetahui target pasar yang
tepat pada usaha Happy Toast. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui
wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
melalui analisis lingkungan industri Happy Toast dengan analisis lima kekuatan
Porter yang mempengaruhi daya tarik segmen, kemudian pengelompokkan
segmen pasar Happy Toast melalui segmentasi demografis, psikografis, dan
manfaat yang dicari konsumen untuk kemudian ditentukan target pasar yang tepat
berdasarkan indikator penentuan target pasar.
Diketahui bahwa terdapat tiga segmen pasar yang mempunyai perbedaan
karakteristik. Hasil dari penelitian ini ialah segmen A yaitu mahasiswa yang
mempunyai daya beli dan ukuran pasar yang besar dibanding dengan kedua
segmen lain dan Happy Toast mempunyai sumber daya yang memadai untuk
memenuhi kebutuhannya. Happy Toast tidak dapat menjangkau segmen A secara
efektif karena intensitas persaingan tinggi dalam industri sehingga diperlukannya
diferensiasi pada produk dan layanannya. Penelitian ini memberi manfaat bagi
perusahaan agar dapat memfokuskan diri melayani dan memuaskan konsumennya
dengan lebih baik.