ANALISIS TAKTIK PEMASARAN SANTOSO ELECTRONIC UNTUK MEMBIDIK PASAR SEKOLAH
Abstract
Santoso Electronic adalah salah satu pelaku bisnis yang bergerak di bidang
distributor komponen elektronika kit. Target pasar Santoso Electronic adalah
sekolah swasta maupun negeri yang ada di wilayah Surabaya. Dari total 608
sekolah yang terdiri dari SMP, SMA dan SMK negeri maupun swasta, Santoso
Electronic baru berhasil memasarkan produk ke 18 sekolah atau hanya sekitar
2,96%.Penelitian ini bertujuan menentukan taktik pemasaran Santoso Electronic
yang tepat untuk membidik pasar sekolah. Taktik pemasaran yang dibahas pada
penelitian ini terdiri dari diferensiasi, marketing mix, dan selling. Diferensiasi
dianalisis dengan alat analisis konten-konteks-infrastruktur. Marketing mix
produk dianalisis dengan alat analisis tiga tingkatan produk, harga dianalisis
dengan cost based pricing, distribusi dianalisis dengan ukuran tingkat toko,
promosi dianalisis dengan share of voice, gross rating point, share of spending.
Selling dianalisis dengan alat analisis growth sales rate. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik
sampling yang digunakan adalah snowball sampling.Hasil penelitian ini Santoso
Electronic memerlukan perbaikan taktik pemasaran agar dapat memenangkan
market share.