PERANCANGAN STRATEGI BRANDING “AUTOGRAPH GALLERY” DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perancangan strategi merek yang
tepat menggunakan analisis SWOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah
wawancara terhadap 4 konsumen dan kepada manajemen untuk mengetahui
analisis internal dan eksternal perusahaan. Uji Validitas dan reliabilitas data pada
penelitian ini menggunakan triangulasi teknik/metode. Alat analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT dan strategi perancangan
merek. Analisis SWOT bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal
dan eksternal perusahaan. Strategi perancangan merek bertujuan untuk merancang
strategi merek yang efektif bagi perusahaan. Hasil dari penelitian menyatakan
bahwa perancangan strategi merek yang tepat digunakan adalah strategi perluasan
kategori. Langkah perancangan strategi merek dibantu oleh analisis SWOT yang
menempatkan perusahaan pada kuadran kekuatan dan berbagai peluang