ANALISIS EKSTERNAL DAN INTERNAL UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PERUSAHAAN YOM YOM OKONOMIYAKI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang dapat diterapkan
pada perusahaan Yom Yom Okonomiyaki berdasarkan analisis eksternal dan
internal. Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara semi terstruktur
terhadap 11 narasumber yang terdiri dari konsumen, pesaing, pemasok dan
akademisi. Analisis eksternal dibahas dengan Porter’s Five Forces dan dihitung
menggunakan tabel Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), sedangkan Analisis internal
dibahas dengan Resource Based View dan dihitung menggunakan tabel Evaluasi
Faktor Internal (IFE). Hasil dari tabel EFE dan IFE kemudian digabungkan dalam
Matriks IE (Internal-Eksternal) untuk menentukan strategi yang dapat diterapkan
bagi perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan sedang berada
pada tahap grow and build yaitu kuadran II pada matriks IE. Strategi yang dapat
diterapkan perusahaan adalah strategi intensif, yaitu penetrasi pasar, pengembangan
pasar, dan/atau pengembangan produk.