PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAPIONE
Abstract
PAPIONE perlu melakukan tinjauan terhadap keputusan pembelian
yang dipengaruhi oleh faktor bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan
distribusi) untuk meningkat penjualan produk PAPIONE yang masih tidak stabil.
Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh variabel produk, harga,
promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian produk PAPIONE.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Variabel bebas dari penelitian ini adalah produk, harga, promosi, dan
distribusi. Variabel terikat dari penelitian ini adalah keputusan pembelian produk
PAPIONE. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen PAPIONE yang
merupakan mahasiswa di Universitas Ciputra sejumlah 114 orang. Jumlah
sampel 89 orang dengan teknik pengambilan random sampling. Alat
pengumpulan data dari penelitian ini adalah kuesioner. Analisis yang digunakan
adalah regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis
regresi linier berganda didapatkan bahwa produk dan promosi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan harga dan
distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Promosi merupakan faktor yang paling berpengaruh kepada keputusan
pembelian produk PAPIONE. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini
adalah 0.490, sehingga variabel bebas produk, harga, promosi, dan distribusi
dapat menjelaskan variabel terikat keputusan pembelian sebesar 49% dan sisanya
51% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti