Perbandingan Harapan konsumen merek sepeda motor suzuki dan Honda dalam aspek produk, harga, saluran distribusi dan promosi
Abstract
Harapan konsumen merupakan landasan konsumen tersebut untuk melakukan keputusan pembelian. Pada kenyataannya tingkat harapan seseorang dapat dinilai, dapat diukur, serta dapat dipengaruhi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terlihat adanya perbedaan antara harapan konsumen sepeda motor Honda dan Suzuki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat harapan antara konsumen sepeda motor Suzuki dan Honda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Variable dalam penelitian ini adalah produk, harga, saluran distribusi, dan promosi. Populasi penelitian ini adalah pemilik sepeda motor Suzuku dan Honda, sedangkan sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 97 responden yang terdiri dari 71 pemilik sepeda motor Suzuki dan 26 pemilik sepeda motor Honda. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Manova. Hasil penelitian setelah digunakan analisis Menova adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara responden Suzuki dan responden Honda pada variable harga, sedangkan pada variable produk, saluran distribusi, dan promosi tidak ditemukan perbedaan yang signifikan. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat harapan konsumen sepeda motor Suzuki dan Honda pada variable harga. Saran yang berikan pada penelitian ini adalah dealer sepeda motor Honda dapat meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan harapan-harapan konsumen pada produk, harga, saluran distribusi, dan promosi