Perancangan Brand Identity untuk Kue Resep Kuno Butter Day dan Media Promosinya
Abstract
Perkembangan UKM di Indonesia saat ini cukup berkembang terutama di bidang usaha pangan. Masa kini juga diperlengkapi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga memudahkan masyarakat baik produsen maupun konsumen untuk saling terhubung dan melakukan proses jual-beli. Karena kemudahan tersebut maka banyak perusahaan pangan yang memasarkan produknya secara online. Di Indonesia tidak sedikit yang menjual produk berupa kue-kue dengan penampilan yang menarik agar dapat bersaing dengan produsen lain yang menjual produk berupa kue. Perancangan ini dilakukan dalam rangka pembentukan identitas merk Butter Day sebagai merk yang menjual produk berupa kue resep kuno yang memiliki maskot/karakter dengan cerita yang dikomunikasikan melalui media promosi online maupun offline untuk menjadi merk kue resep kuno yang berbeda dari kue resep kuno sejenisnya serta ditujukan untuk kalangan generasi Y terutama remaja dan dewasa muda di Surabaya. Butter Day melakukan pemasaran utama terhadap produknya secara online sehingga dapat menjangkau target marketnya yang saat ini memiliki gaya hidup yang cenderung selalu aktif di media sosial online seperti Instagram. Dalam mengumpulkan data hasil penelitian digunakan metode penggalian data primer dan sekunder, dimana data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket/kuesioner baik terhadap expert user maupun extreme user, sedangkan data sekunder diperoleh melalui sumber literatur buku dan jurnal. Perancangan desain identitas merk beserta aplikasi dan media promosi Butter Day berperan penting dalam menentukan penilaian dan daya tarik masyarakat khususnya bagi kalangan pelajar/mahasiswa dan profesional muda terhadap kue resep kuno Butter Day dengan adanya maskot yang lucu dan interaktif serta penggunaan warna pastel yang lembut sehingga Butter Day memberikan gambaran baru yang lebih modern terhadap kue resep kuno yang menarik dan sesuai selera anak muda masa kini.