Perancangan Brand Identity Untuk Klaymate Craft Beserta Media Promosinya
Abstract
Keterampilan dengan menggunakan clay merupakan suatu hal yang sudah tidak
asing lagi bagi masyarakat Indonesia, namun di Indonesia keterampilan
menggunakan clay belum terlalu berkembanag karena faktor dari sulitnya
mencari bahan baku dan alat untuk berkreasi menggunakan clay. Perancangan
ini dilakukan dalam rangka membangun identitas merek produk clay kit dari
Klaymate Craft agar dikenal sebagai merek clay kit bertema yang memiliki
kualitas bahan yang baik dengan harga terjangkau. Karena jaman sekarang
banyak orang yang menggunakan media online sebagai tempat berbelanja dan
media sosial sebagai media untuk berinteraksi, maka media promosi yang yang
sesuai adalah media promosi online, media promosi offline juga digunakan untuk
meningkatkan kesadaran merek. Dalam mengumpulkan data hasil penelitian
digunakan metode penggalian data primer dan sekunder, dimana data primer
diperoleh melalui wawancara dan observasi baik terhadap expert user maupun
extreme user, sedangkan data sekunder diperoleh melalui sumber literatur buku
dan jurnal. Perancangan desain identitas merek beserta media promosi Klaymate
Craft merupakan hal yang penting untuk memperoleh brand image yang sesuai,
khususnya bagi anak-anak usia 6 tahun keatas, hingga dewasa muda yang
senang kerajinan tangan.