PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN ENDORSER FIGUR PUBLIK TERHADAP ADOPSI APLIKASI CONVO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah persepsi kegunaan,
persepsi kemudahan penggunaan, dan endorser figur publik mempengaruhi
adopsi aplikasi CONVO. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif
dengan objek penelitian yaitu aplikasi CONVO dan sampel sejumlah 67 orang
dipilih dengan menggunakan simple random sampling dengan menggunakan
sampling frame. Sampel ini didapatkan dengan error margin sebesar 10%. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi
kemudahan penggunaan aplikasi CONVO berpengaruh signifikan terhadap adopsi
aplikasi tersebut dengan nilai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05), namun
endorser figur publik tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai signifikansi
0,924 (lebih dari 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa dari segi kegunaan dan
kemudahan penggunaan, developer aplikasi CONVO sudah melakukan
pengembangan dengan cukup baik namun diperlukan strategi yang berbeda
dalam segi penggunaan jasa endorser figur publik. Teori Technology Acceptance
Model (TAM) yang dipakai pada penelitian adalah bentuk TAM pertama dengan
prinsip parsimoni. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi bahan referensi bagi
perusahaan lain yang berencana untuk mengembangkan sebuah sistem informasi
berupa aplikasi dan juga menggunakan jasa endorser figur publik.