PERENCANAAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING BERBASIS KOMUNIKASI VISUAL PADA ONLINE CLOTHING BRAND “DREAMCATCHER”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis, serta
menyusun perencanaan strategi social media marketing berbasis komunikasi
visual pada online clothing brand “Dreamcatcher”. Jenis penelitian adalah kualitatif
deskriptif dengan metode penentuan informan berdasarkan purposive sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terhadap 3
informan yaitu owner dari online clothing brand, akademisi di bidang komunikasi
visual, dan pengguna aktif social media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing sangat penting
bagi pengenalan eksistensi bisnis online clothing brand. Saat ini, social media
marketing sangat erat kaitannya dengan pendekatan komunikasi visual. Instagram
menjadi social media dengan prospek yang baik dalam menarget audience.
Adapun dalam penyajian konten, sangat penting untuk melakukan pertimbangan
strategis terkait aspek estetika dan aspek pesan yang saling berkesinambungan
dalam menghasilkan konten yang baik dan menarik.