PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI PADA USAHA NANANDPUPS
Abstract
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat beli dalam menggunakan jasa di
perusahaan seperti atmosfer lingkungan, harga dan kualitas layanan. Faktor lain
yang dapat mempengaruhi minat beli adalah promosi seperti iklan, penjualan
pribadi, publisitas, promosi penjualan dan pemasaran langsung. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, promosi dan kualitas
layanan terhadap minat beli dalam membeli pada usaha jasa NanandPups.
Penelitian ini dilakukan pada 40 responden yang ditarik bagi pemilik hewan
peliharaan khususnya anjing di daerah Surabaya barat. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) variabel harga berpengaruh signifikan terhadap minat
beli dalam menggunakan jasa Nanandpups. (2) variabel promosi berpengaruh
signifikan terhadap minat beli dalam menggunakan jasa NanandPups. Dimensi
variabel yang dominan adalah promosi penjualan. (3) variabel kualitas layanan
berpengaruh signifikan terhadap minat beli dalam menggunakan jasa
NanandPups. Ini berarti bahwa jika harga, promosi dan kualitas layanan
dilakukan dengan benar dan terus menerus, minat beli dalam penggunaan jasa
NanandPups akan terus meningkat.