KOMUNIKASI ORGANISASI DI STUDENT UNION MARKETING COMMUNICATION UNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA PERIODE 2017-2018 & 2018-2019
Abstract
Komunikasi organisasi menggambarkan kondisi organisasi secara keseluruhan,
mulai dari struktur orgnanisasi, media komunikasi, serta peran-peran individu di
dalamnya. Organisasi dengan kondisi komunikasi organisasi yang positif akan
menjadikan organisasi tersebut lebih efektif dalam mencapai tujuannya. Peneliti
mengamati kondisi komunikasi organisasi melalui unsur-unsur pembentuk iklim
komunikasi yaitu kepercayan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran,
keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, dan perhatian dalam komunikasi keatas.
Disini peneliti mengangkat topik mengenai kondisi komunikasi organisasi yang
terdapat dalam organisasi kemahasiswaan dengan subyekek penelitian adalah
Student Union Marketing Communication periode 2017-2018 dan 2018-2019.
Sebagai landasan dari penelitian ini peneliti menggunakan teori iklim komunikasi
dari Muhammad Arni. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
pendekatan deskriptif agar dapat menggambarkan fenomena ini secara mendalam
dengan teknik analisis data yaitu data reduksi sehingga data yang ditampilkan
benar-benar data yang jelas tentang kondisi komunikasi organisasi. Validitas data
dicapai dengan menggunakan metode triangulasi sumber dengan tujuan data akhir
penelitian ini memiliki kredibilitas yang tinggi. Dimana hasil akhir dari penelitian
ini adalah menyatakan bahwa dengan diterapkannya secara tepat seluruh unsur
pembentuk iklim komunikasi akan membantu meningkatkan kualitas komunikasi
organisasi tersebut.