PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Honda adalah perusahaan asal Jepang yang memproduksi mobil, sepeda motor dan skuter dan
pertama kali didirikan di Negara Jepang pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda
dikenal dengan perusahaan yang mengeluarkan produk dengan daya tahan mesin yang cukup kuat
dan jarang mengalami kerusakan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah tingkat kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian mobil Honda pada mahasiswa Universitas Ciputra. Populasi dalam penelitian ini tidak
dapat dihitung karena keterbatasan data dan informasi dari pihak universitas. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan metode pengambilan sampel nonprobabilitas
dengan teknik insidental atau kebetulan mengingat populasi pengguna mobil Honda dalam
penelitian ini tidak dapat dihitung dan karena adanya keterbatasan data dari pihak Universitas.
Dalam penelitian ini didapatkan 41 responden dengan pengambilan data yang dilakukan pada 20
februari 2019 sampai 23 Februari 2019. Kriteria yang dijadikan responden dalam penelitian ini
adalah memiliki dan menggunakan mobil Honda baik di Surabaya maupun diluar Surabaya. Hasil
survei yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa pengguna mobil Honda di Universitas
Ciputra merasa puas dengan kualitas maupun layanan yang diberkan Honda, dan juga proses
pembelian yang mudah. Hasil dari analisis ini menujukkan bahwa kepuasan pelanggan
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.