PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING COMMUNICATION YANG INOVATIF BAGI GOLDEN TULIP LEGACY SURABAYA
Abstract
Perkembangan dalam sektor perekonomian global berdampak langsung pada
persaingan bisnis di berbagai industri. Tak terkecuali juga berdampak pada
industri pariwisata dalam bidang perhotelan. Untuk berada di posisi yang unggul
dalam memenangkan persaingan di industri perhotelan, diperlukan adanya
pemikiran dan implementasi dari perencanaan yang strategis supaya perusahaan
dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Dengan pertumbuhan pengguna internet
yang signifikan, industri hotel harus memanfaatkan keadaan dengan baik, yakni
melakukan promosi dengan strategi digital marketing communication agar dapat
menarik minat pelanggan melalui jejaring internet dan kemajuan teknologi.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk merancang strategi digital marketing
communication yang inovatif bagi Golden Tulip Legacy Surabaya agar dapat
menyalurkan informasi mengenai Golden Tulip Legacy Surabaya kepada
masyarakat luas dan dapat menjangkau pelanggan untuk menikmati fasilitas yang
disediakan Golden Tulip Legacy Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan
adalah pendekatan deskriptif yang berfokus pada website dan Instagram karena
merupakan akses penyaluran informasi utama Golden Tulip Legacy Surabaya
yang masih belum terkelola dengan baik. Informan dalam penelitian ini adalah
narasumber yang terpilih berdasarkan kriteria yang sesuai dengan tujuan
penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perancangan strategi digital
marketing communication yang inovatif dapat dibuat dengan kalender
pengelolaan, sistem perumusan konten, pembaharuan fitur website, pengoptimalan
Instagram, dan mengikuti tren terkini.