ANALISIS PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN ACTIVE LEARNING MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan metode
pembelajaran konvensional dan active learning pada mahasiswa Akuntansi
Universitas Ciputra angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan strategi ceramah
pada kelas kontrol dan strategi reading guide dan think group share pada kelas
eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa quasi eksperimen
dengan model posttest control group design, sehingga hanya melihat nilai akhir
dari kedua kelas. Model penelitian ini yaitu dengan membagi responden menjadi
dua kelas, 20 mahasiswa pada kelas kontrol dan 20 mahasiswa pada kelas
eksperimen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang
dihasilkan dari nilai posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berupa
kuesioner dengan 10 soal pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan uji beda T-Test sampel bebas untuk dapat melihat perbedaan
metode pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional
dan active learning. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya
perbedaan dalam metode pembelajaran menggunakan metode pembelajaran
konvensional berupa ceramah dan active learning berupa reading guide dan think
group share dengan nilai rata-rata 82,50 untuk kelas eksperimen dan 62,50 untuk
kelas kontrol, sedangkan nilai signifikasi sebesar 0,003 < 0,05 sehingga H1
diterima dan H0 ditolak.