DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GREEN LABEL BERDASARKAN ASPEK-ASPEK GREEN PRODUCT DAN GETOK TULAR
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen untuk produk dengan green label, menganalisis pengaruh aspek-aspek green product dan getok tular terhadap keputusan pembelian produk green label. Metode sampling menggunakan convenience sampling dengan melibatkan 100 orang responden yang merupakan mahasiswa di kota Surabaya dengan usia minimal 17 tahun dan sudah pernah membeli produk green label. Data penelitian dianalisis menggunakan Partial Least Squares (PLS). Hasil analisis PLS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh green input, green output, dan getok tular terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien masing-masing sebesar 0,2444; 0,2461; 0,4664; sedangkan green process tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil tersebut menunjukkan bahwa konsumen menganggap penting aspek green input dan green output yang dapat dirasakan secara langsung, sedangkan green process tidak dapat dirasakan langsung. Selain itu, dalam memutuskan membeli produk green label, rekomendasi dari orang lain dianggap penting oleh konsumen.