Eksplorasi persepsi konsumen terhadap kualitas produk Baropi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen perusahaan Lima
Central Jaya terhadap kualitas pada produk Baropi. Pada penelitian kali ini menggunakan
jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan datanya berupa wawancara semi
terstruktur. Narasumber yang diangkat dalam wawancara pada penelitian kali ini ialah ahli
dan pakar perilaku konsumen dan konsumen produk baropi. Sesuai dengan pre-survei yang
dilakukan peneliti sebelumnya, indikator kualitas produk yang digunakan oleh peneliti
didalam wawancara penelitian ini adalah performa produk (perform), fitur kinerja (feature),
daya tahan (durability), tampilan produk (style). Data yang diperoleh dari hasil wawancara
dengan informan pada kali ini, dianalisis dan dibahas oleh peneliti untuk mengetahui
persepsi konsumen terhadap kualitas produk baropi. Hasil penelitian menunjukkan persepsi
konsumen terhadap kualitas produk baropi sudah baik dari segi tampilan produk luar,
namun dilihat dari segi performa produk, fitur kinerja dan daya tahan produk kurang
memuaskan karena belum mampu memenuhi harapan konsumen.