• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rancang-bangun Permainan Dribel Bola Basket “Basketball Jam” Untuk Menggunakan Kinect

    Thumbnail
    View/Open
    Cover.Elizabeth.pdf (472.3Kb)
    Cover, ToC, Full Paper (3.900Mb)
    Date
    2015-06-25
    Author
    Yuwono, Elizabeth Irenne
    Sugianto, Nehemia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Olahraga bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh anak usia remaja baik pria maupun wanita (Statista, 2015). Olahraga ini tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, namun juga melatih kepemimpinan dan meningkatkan konsentrasi pemainnya. Sejalan dengan perkembangan teknologi, banyak olahraga digunakan sebagai konten permainan digital untuk sebagai media hiburan dan edukasi. Penelitian ini bertujuan membuat permainan digital dribel bola basket mengikuti iringan musik dengan menggunakan Kinect. Pemain menggunakan bola basket sebenarnya dan melakukan gerakan dribel di depan Kinect. Kemudian data yang diperoleh dari Kinect (ColorData, DepthData, SkeletonData) digunakan untuk deteksi gerakan dribel selama permainan. Adapun dalam permainan ini, terdapat tiga jenis gerakan dribel, yaitu gerakan dribel di kiri, kanan, dan tengah. Deteksi dilakukan dalam dua tahap yaitu deteksi bola basket dan deteksi gerakan dribel. Sistem mendeteksi bola basket apabila tangan pemain memegang bola dengan asumsi bola basket sebagai objek terdekat. Sistem melakukan identifikasi bola basket melalui fitur lingkaran menggunakan Hough Circle Detection. Pemrosesan gambar selama tahap deteksi ini menggunakan EmguCV. Data posisi pemain diperoleh melalui SkeletonData pada KinectSensor. Sementara gerakan dribel dideteksi apabila tangan kanan pemain dan bola basket berada di area kiri atau kanan atau tengah. Area ditentukan berdasarkan titik tengah bingkai ColorData (ColorFrame). Berdasarkan hasil implementasi, sistem mampu memproses data-data dari Kinect. Deteksi bola basket berhasil dilakukan namun penggunaan fitur deteksi lingkaran mengurangi performa sistem. Deteksi gerakan dribel kiri, kanan, tengah berhasil dilakukan namun beberapa kasus saat pemain menggunakan tangan kiri atau melakukan gerakan dribel cross-over tidak dapat dideteksi.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/572
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire