• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERSEPSI PENGUNJUNG PADA DESAIN PUSAT BELANJA SEBUAH SURVEY EKSPLORATIF PADA MAL CIPUTRA DAN SENAYAN CITY JAKARTA

    Thumbnail
    View/Open
    Abstract (137.8Kb)
    Cover, ToC, Full Paper (4.275Mb)
    Peer Review (1.214Mb)
    Date
    2012-11-29
    Author
    Astrid, Astrid
    Sachari, Agus
    Widodo, Pribadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pusat belanja sebagai nodes di wilayah perkotaan semakin diminati sebagai sebuah tempat yang tidak hanya berfungsi sebagai ruang transaksi, namun juga beragam aktivitas kehidupan masa kini dilakukan. Keberadaannya sebagai third realm, ruang antara hunian dan pekerjaan, menjadikan pusat belanja menjadi tempat bersantai, persinggahan, hingga berolahraga dilakukan pada lokasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah persepsi masyarakat terhadap keberadaan desain pusat belanja sebagai ruang urban. Penelitian yang dilakukan dengan metode studi kasus ini mengambil dua buah pusat belanja untuk melihat beberapa perbandingan atas kedua kasus ini, yaitu Mal Ciputra dan Senayan City. Unit analisis yang dipergunakan yaitu elemen arsitektur, elemen interior, fasilitas pendukung serta perilaku. Pengambilan sampel pada setiap pusat belanja sebanyak enam puluh orang disertai dengan wawancara singkat dan observasi terhadap elemen desainnya. Alat bantu kuesioner, dipergunakan dengan skala likert untuk mencari tingkat persepsi pengunjung. Keseluruhan penelitian disimpulkan dalam statistik deskriptif untuk kesesuaian tujuan eksplorasi awal. Hasil penelitian membuktikan , bahwa (1) pengunjung mempersepsikan lingkungan pusat belanja secara positif baik pada kedua obyek penelitian pada elemen arsitektur,interior dan pendukung (2) tidak terdapat perbedaan skala persepsi yang terlalu besar pada kedua pusat belanja mengingat, setiap pusat belanja memiliki karakteristik dan pengunjungnya masing-masing. (3) Pada pusat belanja yang memiliki umur lebih panjang, memiliki keterkaitan sosial yang tinggi dan kepekaan pengunjung yang lebih tinggi terhadap lingkungan spasial.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/722
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire