Perancangan Koleksi Convertible Fashion Menggunakan Teknik Manipulasi Komponen Untuk Brand Michelle Alvina
Abstract
Perancangan ini dilakukan dalam rangka pembuatan koleksi baru dari brand fashion Michelle Alvina yang ditujukan untuk masyarakat khususnya wanita di Indonesia untuk menanggapi peluang bisnis berupa perancangan pakaian yang dapat digunakan dengan berbagai cara atau yang biasa disebut sebagai transformable atau convertible. Hal ini dilakukan untuk menanggapi berbagai masalah yang dialami oleh masyarakat khususnya di industri fashion sekarang ini. Salah satunya adalah masalah para travellers yang sering bingung mengenai pakaian yang perlu dibawanya untuk menghindari berat koper yang berlebihan. Selain itu permasalahan dimana masyarakat sekarang ini suka bereksperimen dengan pakaian mereka sendiri dan juga pengaruh media sosial terhadap dunia fashion. Michelle Alvina ingin memberikan solusi terhadap masalah tersebut yang kerap terjadi di zaman sekarang ini yang dihadapi oleh masyarakat dengan memberikan alternatif tampilan pada 1 pakaian wanita siap pakai. Setelah melalui proses penelitian dengan metode kuantitatif berupa survei dan kualitatif berupa wawancara kepada expert user dan extreme user dan studi literatur, maka akan dilakukan perancangan koleksi convertible fashion untuk brand Michelle Alvina musim Spring/Summer 2017 yang berisi perancangan 5 desain pakaian siap pakai yang menggunakan teknik manipulasi komponen terutama berupa tali. Memiliki tema yang berjudul “Gladiolus”, yang terinspirasi dari bentuk dan arti bunga gladiolus yang dikombinasikan dengan interior yang minimalis, menghasilkan desain yang elegan, modern, dan feminin yang sesuai dengan target market dari Michelle Alvina yaitu
wanita berusia 22-28 tahun.