Implementasi Market Basket Analisis Untuk Mendukung Strategi Penjualan Pada Minimarket Winkel Berbasis Algoritma Apriori
Abstract
Winkel adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang retail. Transaksi
penjualan harian yang berlangsung di minimarket yang berlokasi di jalan Ujung Rel kota
Bula Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku ini sangat banyak, hal ini menyebabkan
terjadinya penumpukan data sehingga data-data tersebut seringkali dibuang. Oleh karena
itu, owner ingin agar data tersebut dapat diolah dan menghasilkan pengetahuan yang
dapat digunakan sebagai strategi penjualan di minimarket Winkel. Penelitian akan
dilakukan menggunakan metodologi analisa data, preprocessing, pengolahan data
menggunakan WEKA, penentuan strategi implementasi, implementasi, membandingkan
hasil transaksi sebelum dan setelah implementasi. Hasil yang di dapat dari penelitian serta
implementasi ini adalah dari tiga strategi penjualan yang telah di implementasi maka
dapat disimpulkan bahwa hanya satu strategi penjualan yang sukses meningkatkan jumlah
penjualan, yaitu strategi memaketkan Aqua Air Mineral 600ml dengan Alpenliebe Rasa
Strawberry & Krim dengan peningkatan pesat pada penjualan Alpenliebe Rasa Strawbery
& Krim. Sedangkan untuk dua strategi lain yaitu strategi didekatkan serta dijauhkan dapat
dikatakan gagal.