PERANCANGAN BUKU AKTIVITAS DAN INTERAKTIF “PETUALANGAN BERSAMA TIMMY” DAN MEDIA PROMOSINYA
Abstract
Perancangan ini dilakukan dalam rangka merancang buku aktivitas dan
interaktif “Petualangan Bersama Timmy” beserta media promosinya. Buku aktivitas dan
interaktif yang dapat digunakan untuk anak usia 3 sampai 5 tahun. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada expert
user dan extreme user. Expert user yang dipilih merupakan ahli di bidang psikologi anak
dan desain visual. Lalu extreme yang dipilih merupakan para orang tua yang
mempunyai anak kecil. Wawancara dilakukan untuk mengetahui bagaimana tanggapan
expert user dan extreme user tentang buku yang telah dibuat apakah sudah sesuai atau
tidak untuk ditujukan kepada target market. Selain melakukan wawancara kepada expert
dan extreme user, untuk mengetahui tanggapan anak-anak dan orang tua tentang buku
“Petualangan Bersama Timmy”. Karena sangat pentingnya melihat tanggapan dari
anak-anak dan orang tua apakah buku sudah sesuai atau tidak, maka dilakukannya
observasi di sekolah minggu dengan mengadakan aktivasi untuk anak-anak tepatnya di
Gereja Surabaya. Setelah melakukan observasi tersebut tanggapan para anak-anak dan
orang tua cukup positif. Setelah melakukan observasi di sekolah minggu tersebut,
banyak dari anak-anak dan orang tua yang berada disana berkata bahwa karakter yang
terdapat di dalam buku “Petualangan Bersama Timmy” tersebut sangat lucu dan sudah
sesuai untuk anak-anak. Selain itu anak-anak pun cukup antusias untuk mengerjakan
buku aktivitas tersebut. Anak-anak di sekolah minggu tersebut dengan semangatnya
langsung mewarnai buku tersebut di tempat. Orang tua juga banyak yang bertanya
tentang buku “Petualangan Bersama Timmy”. Bagaimana cara memesan buku tersebut,
orang tua pun juga bertanya apakah buku “Petualangan Bersama Timmy” ini ada
merchandisenya atau tidak.
