Perancangan Brand Campaign Beserta Media Promosinya untuk Membangun Brand Awareness Bagi Obelia Tato
Abstract
Sering kali kita melihat orang - orang yang memiliki hiasan seperti gambar atau tulisan
yang menempel pada tubuhnya. Hiasan tersebut disebut dengan tato atau juga disebut dengan
rajah. Konon, tato berasal dari bahasa Tahiti yakni “tatau” yang berarti memasukkan zat
berwarna ke dalam tubuh secara sengaja dengan menggunakan alat untuk berburu yang
memiliki ujung runcing. Rajah atau tato pada kulit manusia dapat diartikan sebagai suatu bentuk
modifikasi pada tubuh. Namun kini tato telah menjadi sebuah gaya hidup ditengah masyarakat
dan masih sering menimbulkan stigma kurang baik. Pada tahun 2018, Obelia Tato lahir sebagai
tindak geraknya untuk menyelesaikan stigma buruk agar bisa lebih banyak lagi orang dapat
berekspresi melalui seni tato. Obelia Tato merupakan sebuah bisnis dalam bidang jasa
pembuatan tato, dengan menggunakan teknik pembuatan handpoke, atau biasa disebut teknik
manual tanpa mesin. Target market dari Obelia Tato sendiri merupakan remaja awal hingga
dewasa akhir, berusia 18 hingga 25 tahun. Memiliki latar belakang pendidikan pelajar,
mahasiswa, dan pekerja. Guna mencapai tujuan untuk mendapatkan awareness dari audiens,
diperlukan sebuah aspek yang dapat memberikan pandangan baru terhadap tato. Brand
Campaign yang digagas oleh Obelia Tato sebagai aspek menyampaikan sebuah brand dengan
cara membuat sebuah kampanye bertajuk #MakeYourOwnMark, dimana dalam kampanye itu
Obelia Tato akan menceritakan kisah - kisah dari kandidat yang telah dipilih. Kisah kisah yang
diceritakan ini diharapkan dapat memberikan insight baru terhadap tato kepada audiens.
Karena, tato tidak hanya selalu mengenai ukuran yang besar dan penuh. Penggunaan gaya
desain dari kampanye ini adalah Minimalist. Selain itu, pentingnya memahami customer
behaviour untuk menyesuaikan bagaimana menyusun strategi untuk menyadarkan dan
mempengaruhi keputusan audience dalam menggunakan jasa pembuatan tato. Subyek dalam
penelitian ini dengan metode campuran kuantitatif dan kualitatif yang didapat dari survey dan
wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa brand campaign dapat menarik
antusiasme anak muda yang ekspresif sesuai target pasar sehingga dapat menciptakan brand
image yang positif terhadap Obelia Tato. Dukungan dari penggunaan media promosi yang
disesuaikan dengan kebutuhan audience yaitu melalui media secara langsung maupun sosial
media mempengaruhi keputusan audience untuk tertarik menggunakan jasa Obelia Tato.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction dan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening pada produk Walrus di PT. Jaya Garment Sukses Makmur Surabaya
Kurniawan, Timothy (Universitas Ciputra Surabaya, 2018)Persaingan dalam dunia bisnis garment yang semakin sengit akhir-akhir ini membuat pengusaha semakin harus memutar otak dalam kegiatan menjual barangnya sehingga dapat menjadi pilihan konsumen. Persaingan dalam ... -
The Effects of Brands Community and Brand Trust on Brand Loyalty
Kristanto, Michael; Melinda, Tina (The 3rd ICOEN 2016 - Book 4 - Universitas Ciputra, 2016-08-22)Indonesia is a potential market for two wheel motorcycle riders especially Harley Davidson. Harley Davidson brand has gained the trust of consumers in Indonesia because there is a pride to drive the motor. HD brand trust ... -
Perancangan Brand Activation untuk Brand Tas Kamera Odyssee di Surabaya
Sutjiono, Henry Kristanto; Setia Budi, Hutomo (Universitas Ciputra, 2015-12)Perancangan ini dilakukan dalam rangka pembuatan brand activation untuk brand “Odyssee” di Surabaya. Untuk mendapatkan brand awareness dari target market, maka dirancanglah sebuah brand activation berbentuk event fotografi ...