Show simple item record

dc.contributor.authorSantoso, Dwi Retno Lingga
dc.date.accessioned2021-02-11T07:40:53Z
dc.date.available2021-02-11T07:40:53Z
dc.date.issued2020-05-14
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3222
dc.descriptionOften we see people who have decorations like pictures or writing attached to their bodies. The decoration is called a tattoo. That said, the tattoo originated from the language of Tahiti, namely "Tatau" which means to enter colored substances into the body intentionally by using a hunting tool that has a pointed tip. Tattoo on human skin can be interpreted as a form of modification to the body. But now tattoos have become a lifestyle in the midst of society. In 2018, Obelia Tato was born as an act to resolve the bad stigma so that more people can express themselves through the art of tattoos. Obelia Tattoos is a business in the field of tattoo manufacturing services, using handpoke manufacturing techniques, or commonly called manual techniques without machines. The target market of Obelia Tattoo itself is early teens to late adulthood, aged 18 to 25 years. Have an educational background of students, and workers. In order to achieve the goal of gaining awareness from the audience, an aspect that can provide a new perspective on tattoos is needed. The Brand Campaign initiated by Obelia Tato is an aspect of conveying a brand by creating a campaign titled #MakeYourOwnMark, where in the campaign Obelia Tato will tell the stories of selected candidates. The stories told are expected to provide new insights to tattoos to the audience. Because, tattoos are not only about large and full sizes. The use of the design style of this campaign is Minimalist. In addition, the importance of understanding customer behavior to adjust how to develop strategies to sensitize and influence the audience's decision to use tattoo manufacturing services. The subjects in this study were using quantitative and qualitative methods, that came from direct survey and interview. The results of the study show that the brand campaign can attract the enthusiasm of expressive young people according to the target market so as to create a positive brand image of Obelia Tato. Support from the use of promotional media that is tailored to the needs of the audience through the media directly or social media influences the audience's decision to be interested in using the services of Obelia Tato.en_US
dc.description.abstractSering kali kita melihat orang - orang yang memiliki hiasan seperti gambar atau tulisan yang menempel pada tubuhnya. Hiasan tersebut disebut dengan tato atau juga disebut dengan rajah. Konon, tato berasal dari bahasa Tahiti yakni “tatau” yang berarti memasukkan zat berwarna ke dalam tubuh secara sengaja dengan menggunakan alat untuk berburu yang memiliki ujung runcing. Rajah atau tato pada kulit manusia dapat diartikan sebagai suatu bentuk modifikasi pada tubuh. Namun kini tato telah menjadi sebuah gaya hidup ditengah masyarakat dan masih sering menimbulkan stigma kurang baik. Pada tahun 2018, Obelia Tato lahir sebagai tindak geraknya untuk menyelesaikan stigma buruk agar bisa lebih banyak lagi orang dapat berekspresi melalui seni tato. Obelia Tato merupakan sebuah bisnis dalam bidang jasa pembuatan tato, dengan menggunakan teknik pembuatan handpoke, atau biasa disebut teknik manual tanpa mesin. Target market dari Obelia Tato sendiri merupakan remaja awal hingga dewasa akhir, berusia 18 hingga 25 tahun. Memiliki latar belakang pendidikan pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Guna mencapai tujuan untuk mendapatkan awareness dari audiens, diperlukan sebuah aspek yang dapat memberikan pandangan baru terhadap tato. Brand Campaign yang digagas oleh Obelia Tato sebagai aspek menyampaikan sebuah brand dengan cara membuat sebuah kampanye bertajuk #MakeYourOwnMark, dimana dalam kampanye itu Obelia Tato akan menceritakan kisah - kisah dari kandidat yang telah dipilih. Kisah kisah yang diceritakan ini diharapkan dapat memberikan insight baru terhadap tato kepada audiens. Karena, tato tidak hanya selalu mengenai ukuran yang besar dan penuh. Penggunaan gaya desain dari kampanye ini adalah Minimalist. Selain itu, pentingnya memahami customer behaviour untuk menyesuaikan bagaimana menyusun strategi untuk menyadarkan dan mempengaruhi keputusan audience dalam menggunakan jasa pembuatan tato. Subyek dalam penelitian ini dengan metode campuran kuantitatif dan kualitatif yang didapat dari survey dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa brand campaign dapat menarik antusiasme anak muda yang ekspresif sesuai target pasar sehingga dapat menciptakan brand image yang positif terhadap Obelia Tato. Dukungan dari penggunaan media promosi yang disesuaikan dengan kebutuhan audience yaitu melalui media secara langsung maupun sosial media mempengaruhi keputusan audience untuk tertarik menggunakan jasa Obelia Tato.en_US
dc.languageBahasa Indonesia
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectTattooen_US
dc.subjectBranden_US
dc.subjectBrand Campaignen_US
dc.subjectBrand Awarenessen_US
dc.subjectCustomer Behavioren_US
dc.titlePerancangan Brand Campaign Beserta Media Promosinya untuk Membangun Brand Awareness Bagi Obelia Tatoen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0704127902
dc.identifier.kodeprodi90241
dc.identifier.nim20316033
dc.identifier.dosenpembimbingStevanus Christian Anggrianto


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record