dc.contributor.author | Santoso, Dwi Retno Lingga | |
dc.date.accessioned | 2021-02-11T07:40:53Z | |
dc.date.available | 2021-02-11T07:40:53Z | |
dc.date.issued | 2020-05-14 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3222 | |
dc.description | Often we see people who have decorations like pictures or writing attached to their bodies. The
decoration is called a tattoo. That said, the tattoo originated from the language of Tahiti, namely
"Tatau" which means to enter colored substances into the body intentionally by using a hunting
tool that has a pointed tip. Tattoo on human skin can be interpreted as a form of modification to
the body. But now tattoos have become a lifestyle in the midst of society. In 2018, Obelia Tato
was born as an act to resolve the bad stigma so that more people can express themselves
through the art of tattoos. Obelia Tattoos is a business in the field of tattoo manufacturing
services, using handpoke manufacturing techniques, or commonly called manual techniques
without machines. The target market of Obelia Tattoo itself is early teens to late adulthood, aged
18 to 25 years. Have an educational background of students, and workers. In order to achieve
the goal of gaining awareness from the audience, an aspect that can provide a new perspective
on tattoos is needed. The Brand Campaign initiated by Obelia Tato is an aspect of conveying a
brand by creating a campaign titled #MakeYourOwnMark, where in the campaign Obelia Tato
will tell the stories of selected candidates. The stories told are expected to provide new insights
to tattoos to the audience. Because, tattoos are not only about large and full sizes. The use of
the design style of this campaign is Minimalist. In addition, the importance of understanding
customer behavior to adjust how to develop strategies to sensitize and influence the audience's
decision to use tattoo manufacturing services. The subjects in this study were using quantitative
and qualitative methods, that came from direct survey and interview. The results of the study
show that the brand campaign can attract the enthusiasm of expressive young people according
to the target market so as to create a positive brand image of Obelia Tato. Support from the use
of promotional media that is tailored to the needs of the audience through the media directly or
social media influences the audience's decision to be interested in using the services of Obelia
Tato. | en_US |
dc.description.abstract | Sering kali kita melihat orang - orang yang memiliki hiasan seperti gambar atau tulisan
yang menempel pada tubuhnya. Hiasan tersebut disebut dengan tato atau juga disebut dengan
rajah. Konon, tato berasal dari bahasa Tahiti yakni “tatau” yang berarti memasukkan zat
berwarna ke dalam tubuh secara sengaja dengan menggunakan alat untuk berburu yang
memiliki ujung runcing. Rajah atau tato pada kulit manusia dapat diartikan sebagai suatu bentuk
modifikasi pada tubuh. Namun kini tato telah menjadi sebuah gaya hidup ditengah masyarakat
dan masih sering menimbulkan stigma kurang baik. Pada tahun 2018, Obelia Tato lahir sebagai
tindak geraknya untuk menyelesaikan stigma buruk agar bisa lebih banyak lagi orang dapat
berekspresi melalui seni tato. Obelia Tato merupakan sebuah bisnis dalam bidang jasa
pembuatan tato, dengan menggunakan teknik pembuatan handpoke, atau biasa disebut teknik
manual tanpa mesin. Target market dari Obelia Tato sendiri merupakan remaja awal hingga
dewasa akhir, berusia 18 hingga 25 tahun. Memiliki latar belakang pendidikan pelajar,
mahasiswa, dan pekerja. Guna mencapai tujuan untuk mendapatkan awareness dari audiens,
diperlukan sebuah aspek yang dapat memberikan pandangan baru terhadap tato. Brand
Campaign yang digagas oleh Obelia Tato sebagai aspek menyampaikan sebuah brand dengan
cara membuat sebuah kampanye bertajuk #MakeYourOwnMark, dimana dalam kampanye itu
Obelia Tato akan menceritakan kisah - kisah dari kandidat yang telah dipilih. Kisah kisah yang
diceritakan ini diharapkan dapat memberikan insight baru terhadap tato kepada audiens.
Karena, tato tidak hanya selalu mengenai ukuran yang besar dan penuh. Penggunaan gaya
desain dari kampanye ini adalah Minimalist. Selain itu, pentingnya memahami customer
behaviour untuk menyesuaikan bagaimana menyusun strategi untuk menyadarkan dan
mempengaruhi keputusan audience dalam menggunakan jasa pembuatan tato. Subyek dalam
penelitian ini dengan metode campuran kuantitatif dan kualitatif yang didapat dari survey dan
wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa brand campaign dapat menarik
antusiasme anak muda yang ekspresif sesuai target pasar sehingga dapat menciptakan brand
image yang positif terhadap Obelia Tato. Dukungan dari penggunaan media promosi yang
disesuaikan dengan kebutuhan audience yaitu melalui media secara langsung maupun sosial
media mempengaruhi keputusan audience untuk tertarik menggunakan jasa Obelia Tato. | en_US |
dc.language | Bahasa Indonesia | |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
dc.subject | Tattoo | en_US |
dc.subject | Brand | en_US |
dc.subject | Brand Campaign | en_US |
dc.subject | Brand Awareness | en_US |
dc.subject | Customer Behavior | en_US |
dc.title | Perancangan Brand Campaign Beserta Media Promosinya untuk Membangun Brand Awareness Bagi Obelia Tato | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nidn | 0704127902 | |
dc.identifier.kodeprodi | 90241 | |
dc.identifier.nim | 20316033 | |
dc.identifier.dosenpembimbing | Stevanus Christian Anggrianto | |