ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI GENERASI MILENIAL DALAM MEMILIH BALI SEBAGAI TEMPAT BERLIBUR
Abstract
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI GENERASI MILENIAL DALAM MEMILIH BALI SEBAGAI TEMPAT BERLIBUR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi generasi milenial dalam memilih Bali sebagai tempat berlibur. Populasi dalam penelitian ini adalah individu berusia 15-37 tahun dan pernah mengunjungi Bali berjumlah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam mengumpulkan data penelitian, penulis menyebarkan kuisioner kepada masyarakat dengan usia milenial (15-37 tahun) dan pernah mengunjungi Bali. Penelitian ini menggunakan analisis faktor sebagai teknik analisisnya. Analisis faktor merupakan salah satu alat statistika yang digunakan untuk mereduksi atribut dari suatu kumpulan atribut. Penelitian ini menggunakan teori push and pull factor menurut Utama yang diadaptasi dari Esichaikul. Dalam teori ini Utama mengadaptasi dari Esichaikul membagi dua faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang untuk berlibur yakni faktor pendorong (push factor) dan faktor penarik (pull factor).
Hasil penelitian menemukan bahwa 22 faktor yang diuji membentuk 5 faktor baru yaitu Faktor satu diberi nama Events and Activities. Faktor kedua diberi nama Safety, Cleanliness & Variety of Attraction. Faktor ketiga merupakan Fulfilling Dream. Faktor keempat diberinama Affordable Prices. Faktor kelima adalah Novelty and Knowledge Seeking. Kelima faktor tersebut mewakili sebesar 57,7% dari dua puluh dua faktor yang ada.
