PERANCANGAN BRAND ACTIVATION BESERTA DESIGN PROPOSED SOLUTION YANG TERINTGRASI BAGI CUSTOMIXED
Abstract
Fashion, serta rasa ingin tampil beda dalam berpenampilan, ingin menjadi exclusive dibanding
dengan individu lainnya merupakan hal sudah sangat marak menjadi perbincangan dan sorotan publik
khususnya para anak muda.. Dari problem tersebut Customixed menghadirkan jasa handpainting customize,
atau melukis diatas media wearable outfit misalnya seperti topi, jaket, sepatu, maupun barang diluar outfit,
seperti case berbahan kulit, dompet, tas, skateboard, dan masih banyak lagi bahan material yang cocok
digunakan. Namun, sayangnya ada problem nyata yang dialami oleh Customixed banyaknya persaingan
range harga yang cukup tinggi pada kategori barang limited edition dan custom, sehingga membuat para
anak muda susah untuk mengekspresikan penampilan. Berdasarkan survey, 97,6% para anak muda
mengakui bahwa customized outfit terkesan mahal dikarenakan kurangnya edukasi tentang material, bahan
cat, serta coating yang digunakan pada customized outfit. Ditujukan untuk target market para generasi
milenial/ generasi Y dan generasi Z (usia 15 - 35 tahun) khususnya para kolektor extreme di bidang
customized outfit. Untuk mendukung perancangan tersebut penulis membutuhkan data sekunder dari studi
literatur dengan sumber buku, jurnal, maupun artikel dari internet yang berhubungan dengan customer
behavior untuk mengetahui selera dan perilaku customer, media promosi online untuk mengetahui media
promosi mana yang sering digunakan, brand activation untuk mengetahui media bisnis apa yang akan
digunakan, event untuk mempelajari dan mengerti tentang kegiatan yang akan dilaksanakan, serta customer
trust untuk menyusun strategi yang tepat dan goal yang ingin dicapai. Selain itu penulis juga membutuhkan
data primer berupa data valid melalui wawancara tiga expert user, tiga extreme user, serta melakukan
penyebaran survei uji coba desain kepada 100 orang responden yang sesuai dengan target market untuk
menguji coba desain, konten, dan strategi promosi yang digunakan oleh “Customixed” agar konten promosi
yang dirancang sesuai dan dapat dipahami oleh para target market. Perancangan menghasilkan brand
activation bagi “Customixed” berupa konten giveaway, edukasi material, video tutorial, konten foto produk,
dan juga discount pada hari atau event tertentu.