PENERAPAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP PRODUK NUGGET NANGKA MUDA DI YOGYAKARTA
Abstract
Saat ini, tren masyarakat dalam mengonsumsi makanan cepat saji terus meningkat,
baik yang tinggal di daerah perkotaan maupun pedesaan. Salah satu jenis makanan
cepat saji yang mudah untuk disajikan adalah nugget. Nangka muda merupakan
salah satu sayuran yang banyak tumbuh di Indonesia dan biasanya diolah menjadi
masakan rumahan. Nangka muda selain sebagai sayuran juga dapat diolah dan
dikembangkan menjadi produk olahan yang praktis dan dapat bertahan lama, salah
satunya nugget. Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang
digunakan oleh perusahaan untuk mendapat respon yang diinginkan dari target
pasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
bauran pemasaran terhadap produk nugget nangka muda. Metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan melakukan wawancara
secara langsung dengan tiga informan yakni masyarakat di Yogyakarta dengan
rentang usia 18-55 tahun yang melakukan pembelian produk nugget nangka muda.
Metode penjaringan data yang digunakan adalah metode purposive sampling. Data
akan diuji keabsahannya menggunakan metode triangulasi sumber data yang
meliputi hasil wawancara bersama informan dan teori yang digunakan pada
penelitian ini. Untuk mengetahui respon dari konsumen mengenai penerapan
bauran pemasaran terhadap produk nugget nangka muda, peneliti melakukan
analisis terhadap bauran pemasaran 7P yang terdiri dari product, price, promotion,
place, people, process, dan physical evidence. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran terhadap produk nugget nangka
muda memberikan hasil yang efektif sehingga dapat mempengaruhi minat beli dari
konsumen.
