APLIKASI SPIRIT ENTREPRENEUR DALAM PROMOSI PRODUK PASTRY DAN BAKERY DI TINIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA BARAT, INDONESIA
Abstract
Melihat kesuksesan pengusaha Pastry dan Bakery, Universitas Ciputra,
Surabaya Barat, Indonesia telah menyiapkan pengusaha muda untuk mengetahui
dunia bisnis kue dan roti. Di jurusan Hotel and Tourism Management, mahasiswa
diperkenalkan tentang dunia pastry dan bakery. Para siswa belajar bagaimana
menghasilkan sampai menjual produk. Sebenarnya siswa Pariwisata dan Hotel
Management di Universitas Ciputra, Surabaya Barat mempunyai masalah untuk
menjual produk mereka yang berhubungan dengan proses promosi. Mahasiswa
harus memiliki kreativitas dalam promosi untuk menarik pembeli.
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan semangat
kreativitas pengusaha khususnya dalam promosi untuk menjual kue dan produk
roti di Universitas Ciputra. Perumusan masalah yang akan diteliti dalam penelitian
ini adalah bagaimana menerapkan promosi sebagai semangat seorang pengusaha
(kreatifitas) untuk Pastry dan Bakery di Pariwisata dan Manajemen Hotel.
Penelitian ini menggunakan Pariwisata dan Manajemen Hotel siswa khusus
generasi siswa pada tahun 2006, 2007 dan 2008 karena hanya murid ini menjual
produk kue mereka kepada publik dan kue dan roti dosen sebagai informan.
Penelitian ini menggunakan triangulasi validasi data.
Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk dosen dianjurkan harus lebih
menerapkan promosi penjualan persiapan mereka, membimbing, harus memiliki
pegangan dan berbagi pengetahuan tentang promosi bahwa mereka dapat
menyediakan tentang kampanye. Siswa harus aktif untuk mencari jenis promosi
yang berguna dalam lingkup Universitas Ciputra dengan mencari di internet,
membaca buku promosi atau meminta kuliah atau orang lain untuk saran promosi
dan menerapkan tujuh karakteristik Pengusaha dalam proses penjualan.
