HI JAVA HOTEL
Abstract
HiJava Hotel adalah suatubusniness planyang bergerak di bidang perhotelan. HiJava Hotel akan didirikan di kota Solo, Jawa Tengah. Hi Java Hotel memilikikonsep yang unik dan menarik karena hotel ini merupakan perpaduan antarakonsep hotelbutik dan konsep hotelbudget.Konsep hotelbutik dari Hi Java Hotelyaitu berupa desain budaya Jawamodernyang terdapat padainteriormaupuneksteriorbangunan Hi Java Hotel.Hotelbudgetadalah hotel yang memilikikonsepsimple, limited service,fasilitas minimal dan harga yang terjangkau.Pertunjukan kesenian diadakan sebagai wujud peran serta Hi Java Hotel dalammendukung pelestarian kesenian daerah di Indonesia.Hi Java Hotel memiliki visi untuk menjadi hotel butikbudgetterbaik di Indonesia.Hi Java Hotel juga memiliki misi, antara lain memberikan pelayanan yang ramah,baik, dan profesional terhadap tamu hotel, menyediakan tempat peristirahatanyang nyaman, memberdayakan sumber daya manusia yang ada di sekitar hotelserta meningkatkan kesejahteraan pemilik danstaffhotel, melestarikan budayakesenian yang ada di Indonesia.Dalam menganalisis pesaing dan persaingan, Hi Java Hotel menggunakan metodeIFE(Internal Factor Evaluation)matrix,EFE(External Factor Evaluation)matrix, danCPM(Competitive Profile Matrix). Hi Java Hotel juga menggunakananalisisSWOT(Strength, Weakness, Opportunity, Threat)matrixdalam memilihstrategi yang digunakan dalam menjalankan bisnisnya.Business planini jugamembahas tentang rencana operasional, rencana pemasaran, rencana organisasi,rencana pengembangan, dan rencana keuangan dari Hi Java Hotel. Berdasarkanperhitungan rencana keuangan,business plan hotel butikbudget Hi Java Hotelmerupakan bisnis yang menguntungkan dan layak untuk dijalankan.
