Show simple item record

dc.contributor.authorKustiono Putra, Andreas
dc.date.accessioned2018-12-20T07:38:20Z
dc.date.available2018-12-20T07:38:20Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1534
dc.description.abstractRANCANG BANGUN VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG EDUKASI KORBAN PERUNDUNGAN Perundungan dapat membawa dampak traumatik luar biasa yang dapat mempengaruhi kehidupan anak ataupun remaja pada tahap perkembangan selanjutnya. Sayangnya kasus perundungan belum banyak mendapatkan perhatian serius dari guru atau orangtua. Hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi korban perundungan tersebut. Seiring dengan berkembangnya teknologi di era modern saat ini, perkembangan game di dunia sudah semakin pesat, salah satunya yang populer adalah game berbasis digital. Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa bermain game edukasi dapat menjadi salah satu cara bagi korban perundungan dalam menghadapi perilaku perundungan. Game edukasi dikemas untuk merangsang daya pikiran, termasuk dapat meningkatkan tingkat konsentrasi dan pemecahan masalah, yang dapat digunakan sebagai teknik pembelajaran interaktif yang efektif bagi anak usia dini, hal ini dikarenakan sebagian anak dalam usia dini mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi pada semua hal yang berada di lingkungan sekitarnya. Di sisi lain, novel dapat digunakan untuk memberi pencerahan dan menguraikan kesadaran serta memberikan panduan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, diambil kesimpulan berupa sebuah solusi yaitu game berupa Visual Novel yang dapat digunakan sebagai media pendukung edukasi korban perundungan. Metode pengembangan dari visual novel ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari tugas akhir ini adalah membuktikan bahwa visual novel ini dapat dijadikan sebagai media pendukung dalam mengedukasi korban perundungan.en_US
dc.languageBahasa Indonesia
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectPerundungan, Visual Novel, Game Edukasien_US
dc.titleRANCANG BANGUN VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG EDUKASI KORBAN PERUNDUNGANen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn717027104
dc.identifier.kodeprodi55201
dc.identifier.nim20414015
dc.identifier.dosenpembimbingSTEPHANUS EKO WAHYUDI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record