ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PLATFORM INVESTASI CROWDFUNDING BERBASIS MOBILE
Abstract
Investasi merupakan penanaman aset yang dapat dilakukan oleh kelompok ataupun individu. Salah satu model investasi yaitu investasi crowdfunding dimana melakukan pengumpulan dana berasal dari masyarakat besar sehingga terkumpul dana yang signifikan. Crowdfunding dikelola melalui wadah platform aplikasi agar dapat mudah diakses. Seseorang yang melakukan investasi crowdfunding akan mendapatkan bunga yang diberikan oleh perusahaan. Untuk melakukan investasi pelanggan perlu melalui perantara yaitu penyedia investasi. Salah satu hal yang penting untuk dimiliki platform investasi cowdfunding yaitu aspek Kualitas Layanan. Terkadang platform investasi crowdfunding memiliki kendala dalam meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan dapat dipengaruhi oleh salah satu aspek yaitu Kualitas Layanan . Kualitas Layanan terdiri dari lima faktor diantaranya yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy yang dapat mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Untuk mengukur pengaruh dari aspek kualitas layanan digunakan Software SPSS. Terdapat tiga uji yang dilakukan dalam penelitian yaitu Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Linier Berganda. Setelah dilakukan uji dan analisis diketahui aspek Kualitas Layanan dapat mempengaruhi Kepuasan Pelanggan sebesar 76,4%. Terutama dipengaruhi oleh faktor Reliability, Responsiveness dan Tangible yang memiliki pengaruh secara signifikan. Untuk variabel Assurance dan Empathy memiliki pengaruh tetapi tidak secara signifikan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa platform investasi crowdfunding dapat menerapkan aspek Kualitas Layanan dalam mempengaruhi Kepuasan Pelanggannya.