ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEGUNAAN, KEMUDAHAN, DAN RESIKO TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN APLIKASI BRIDESTORY SEBAGAI ONLINE WEDDING MARKETPLACE
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu hal awal perkembangan kemajuan secara global. Hal ini mendasari terciptanya peluang inovasi baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi terutama internet. Penggunaan internet kini tidak hanya sebatas akses memperoleh informasi tetapi juga berkembang hingga bidang e-marketplace khususnya pada vendor pernikahan, seperti aplikasi Bridestory. Aplikasi Bridestory adalah aplikasi yang membantu calon pengantin dalam memilih vendor pernikahan. Dalam penelitian ini, digunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan menambahkan satu extended variabel, yaitu Perceived Technology Risk dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi menggunakan aplikasi Bridestory di Indonesia. Jumlah sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah 80 orang. Adapun uji yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Uji Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, yang didahului dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas terlebih dulu untuk memastikan data valid dan reliabel dengan menggunakan aplikasi PASW Statistics 18. Melalui penelitian ini diketahui bahwa variabel Perceived Usefulness (PU) berpengaruh signifikan positif terhadap intensi menggunakan Aplikasi Bridestory, variabel Perceived Technology Risk (PTR) berpengaruh signifikan negative terhadap intensi menggunakan Aplikasi Bridestory, dan sedangkan variabel Perceived Ease of Use (PEOU)