PERANCANGAN PROYEK PABRIK PT. SAKTI INTI PERKASA (ZENLATTE) OLEH KONSULTAN ARSITEKTUR INTERIOR INTERGAZE
Abstract
Manusia ialah makhluk intelenjen yang tidak berhenti berevolusi. Populasi manusia
yang semakin banyak di muka bumi ini menjadikan daya saing antar manusia
semakin ketat. Manusia sebagai makhluk yang berkembang telah menjadikan uang
sebagai tolak ukur dalam kehidupan. Bisnis merupakan faktor penunjang utama
dalam kehidupan dan dinilai sebagai cara yang efektif untuk membuat
perkembangan, baik itu untuk personel maupun sebuah negara. Selain sebagai
sumber pendapatan bisnis juga dapat menjadi lapangan kerja bagi masyarakat.
Ditengah keuntungan bisnis yang ada, persaingan antar bisnis sangat terpengaruhi
oleh sisi visual dari bisnis tersebut. Visual merupakan poin awal yang menjadi
penunjang konsumen untuk membeli suatu produk. Visual meliputi seni grafis,
interior, maupun arsitektur usaha. Pengelolahan sebuah usaha dengan pendekatan
desain grafis, interior dan arsitektur akan memaksimalkan pendapatan dan
meminimalkan resiko usaha. Penerapan ketiga elemen desain yang meliputi
branding dari grafis, interior dan arsitektur akan diterapkan pada PT. Sakti Inti
Perkasa yang pada bangunannya meliputi gudang, kafe, dan kantor. Ketiga
pemetaan tersebut mewakili baik segmentasi komersil dan perusahaan yang
menjadi segmentasi utama oleh perusahaan Intergaze. Penelitian ini bertujuan
untuk membantu dan memberikan solusi pada pelaku bisnis baik dari segi
pengelolaan identitas bisnis, pembangunan karakter (image) melalui penerapan
pada bangunan, hingga strategi pemasaran dan periklanan. Metode penelitian
menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara, studi kasus, serta
observasi.