PENGARUH PERSONAL GROWTH INITIATIVE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DENGAN MOTIVASI AKADEMIK EKSTRINSIK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR
Abstract
Prokrastinasi merupakan salah satu topik yang menarik untuk dibahasa terutama di dunia pendidikan. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan hasil penelitian yang kurang konsisten terkait tingkat prokrastinasi akademik. Kemampuan pengambilan keputusan dan perencanaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik. Adanya faktor kemampuan merencanakan sebenarnya dibahas dalam Personal Growth Initiative. Dalam konteks pendidikan juga dikenal istilah Motivasi Akademik Ekstrinsik yaitu adanya dorongan dari luar diri individu yang mendorong individu melakukan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Personal Growth Initiative (PGI) terhadap prokrastinasi akademik baik secara langsung maupun melalui mediasi Motivasi Akademik Ekstrinsik. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel di enam universitas di Surabaya (N = 207). Data diambil menggunakan kuisioner online dan offline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PGI tidak mempengaruhi prokrastinasi akademik (βc’ = - 0,004) baik secara langsung maupun melalui mediasi motivasi akademik ekstrinsik (βb = - 0,002), namun hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh PGI terhadap motivasi akademik ekstrinsik (βa = 0,459).
