• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Teknologi Informasi
    • Teknologi Informasi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Teknologi Informasi
    • Teknologi Informasi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RANCANG BANGUN GAME MOBILE BERJENIS ROGUELIKE MENGGUNAKAN STRUKTUR CERITA BRANCHING NARRATIVE

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak Indonesia.pdf (389.3Kb)
    Abstrak Inggris.pdf (462.7Kb)
    Bab 1.pdf (398.0Kb)
    Bab 2.pdf (541.0Kb)
    Bab 3.pdf (1.441Mb)
    Bab 4.pdf (3.698Mb)
    Bab 5.pdf (663.5Kb)
    Bab 6.pdf (385.8Kb)
    Cover.pdf (304.6Kb)
    Daftar Gambar.pdf (471.3Kb)
    Daftar Isi.pdf (483.9Kb)
    Daftar Pustaka.pdf (517.1Kb)
    Daftar Tabel.pdf (461.7Kb)
    Kata Pengantar.pdf (459.9Kb)
    Pernyataan keaslian karya TA.pdf (336.1Kb)
    Persetujuan dosen pembimbing.pdf (2.559Mb)
    Persetujuan dosen penguji.pdf (294.2Kb)
    Persetujuan Keaslian karya TA.pdf (218.2Kb)
    Date
    2019-12-18
    Author
    Mufassir, Fadiel
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada saat tahun 2018 total jumlah pemasukan dari pasar game digital mencapai 137.9 miliar USD dengan mobile menjadi segmen terbesar dari pasar game digital. Game yang didownload di Google Play mempunyai beberapa kategori, salah satunya adalah kategori role-playing yang 35% dari game kategori tersebut menembus unduhan lebih dari 50.000 kali. Dari situlah adanya kesempatan untuk mengikuti trend dengan membuat game android yang mempunyai genre roguelike, yaitu subgenre dari role-playing game. Sebagian besar game dengan genre roguelike tidak mempunyai cerita atau cerita yang dimiliki bersifat linier yang berakibat pemain tidak mempunyai kendali terhadap emosi karakter, maka game ini dibuat dengan struktur cerita branching narrative yang membisakan pemain memilih alur cerita agar lebih menarik. Branching narrative menawarkan pemain dengan keputusan-keputusan yang penting, setiap keputusan menawarkan jalan yang unik dalam berbagai macam kejadian meskipun jumlah total hasil cerita terbatas. Pemain dari branching narrative dibatasi oleh struktur graph dari suatu branching narrative, maka jika pemain memilih pilihan yang sama dalam setiap titik keputusan, mereka akan mendapatkan pengalaman yang identik dengan sistem. Hasil dari survei menunjukkan adanya responden yang tidak menyadari bahwa adanya branching narrative dalam game, kenapa hal ini terjadi bisa terhubung dengan saran-saran pemain dari survei yang bilang bahwa user interface dalam game terlalu rumit. Selain itu, survei menunjukkan bahwa branching narrative dalam game mampu meningkatkan keingintahuan pemain terhadap cerita yang ada dalam game dengan kekuatan 81,88%, meningkatkan keinginan pemain untuk memainkan game lagi dengan kekuatan 80,62%, dan cukup kuat meningkatkan keinginan pemain untuk membeli In-App Purchase dengan kekuatan 72,5%.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/2854
    Collections
    • Teknologi Informasi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire