Show simple item record

dc.contributor.authorTiurlan, Nadya Refina
dc.date.accessioned2020-10-19T07:26:10Z
dc.date.available2020-10-19T07:26:10Z
dc.date.issued2019-12-04
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/2989
dc.description.abstractPerkembangan tingkat kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia dapat mempengarungi tingkat kepuasan pasien. Puskesmas Simomulyo merupakan salah pusat kesehatan masyarakat di Surabaya, dengan data kepuasan pada tahun 2017 yaitu 69,74% dan tingkat harapan yaitu 82,14%, didapatkan adanya kesenjangan antara kepuasan dan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan puskesmas Simomulyo tahun 2019. Faktor-faktor ini dibagi dalam 5 dimensi service quality yaitu tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang digunakan adalah cross sectional. Sampel berjumlah 80 orang dengan metode non random sampling, yang diambil pada bulan agustus 2019. Analisa data dilakukan dengan analisa bivariat dengan korelasi spearmen. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dimensi tangibility memiliki hasil kurang puas, faktor yang mempengaruhi yaitu peralatan, fasilitas fisik dan karyawan. Pada empat dimensi lainnya memiliki nilai kepuasan yang cukup baik, dengan responsiveness memiliki tingkat kepuasan tertinggi. Pada hasil analisa bivariat didapatkan hasil yang bermakna dan hubungan yang kuat, terutama pada dimensi relability memiliki hubungan yang sangat kuat. Pada hasil kepuasan keseluruhan pada pelitian ini memiliki hasil 55%, dimana adanya penurunan pada tahun 2019. Saran yang dapat diberikan adalah dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas Simomulyo terutama dalam hal peralatan, fasilitas fisik dan karyawan yang terdapat pada dimensi Tangibilityen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatan, Tingkat Kepuasan, Puskesmas, Service Qualityen_US
dc.subjectHealth Services, Level of Satisfaction, Puskesmas, Service Qualityen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUSKESMAS SIMOMULYO SURABAYA TAHUN 2019en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0730047101
dc.identifier.kodeprodi11201
dc.identifier.nim60116024
dc.identifier.dosenpembimbingMinarni Wartiningsih


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record