HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN DIABETES MELLITUS DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT BAPTIS BATU
Abstract
Rumah sakit sebagai institusi kesehatan dituntut untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu sehingga memberikan keuntungan dan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien dapat mendorong kepatuhan pengobatan. Kepatuhan pengobatan dalam hal ini adalah kepatuhan minum obat anti diabetes yang memiliki peran sentral dalam tatalaksana Diabetes Mellitus (DM) yang juga disebut sebagai penyakit yang membutuhkan pengelolaan diri seumur hidup agar terhindar dari komplikasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepatuhan minum obat pasien Diabetes Mellitus di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Baptis Batu. Sampel penelitian yaitu 75 pasien DM di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Baptis Batu diambil dengan teknik consecutive sampling. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sebanyak 59 (78.7%) pasien patuh minum obat anti diabetes dan sebanyak 70 (93.3%) pasien merasa pelayanan di Rumah Sakit Baptis Batu Memuaskan. Namun penelitian ini menemukan tidak ada hubungan yang signifikan antara kepatuhan minum obat pasien dengan tingkat pelayanan di Rumah Sakit Baptis Batu dimana angka koeisien korelasi adalah .326 (p>0.05). Kualitas Pelayanan rumah sakit tidak mempengaruhi kepatuhan mium obat pasien DM di Rumah Sakit Baptis Batu
