PERANCANGAN CHILDRENSWEAR UNTUK EDUKASI PADA ANAK DENGAN TEKNIK APLIKASI UNTUK BRAND CHIEL
Abstract
Perancangan ini bertujuan untuk menjadikan pakaian sebagai media edukasi
belajar pada anak melalui teknik aplikasi. Adapun yang menjadi latar belakang
penulisan ini karena pendidikan adalah hal yang terpenting dan utama dalam
meraih masa depan yang gemilang. Pendidikan khususnya membaca adala hal
yang penting yang harus dikuasai oleh anak pada usia 4-6 tahun yang mana
dikatakan mereka adalah usia emas yang sedang bertumbuh. Dengan mengusai
membaca, anak-anak akan dengan mudah menerima dan menguasai berbagai
materi pembelajaran baik formal maupun non-formal. Oleh karena itu dibutuhkan
media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, salah satunya
menggunakan media visual. Media visual yang diaplikasikan dalam pakaian.
Pakaian yang merupakan kebutuhan pokok sehari hari berperan penting dalam
kehidupan. Dengan menggabungkan media visual berupa desain grafis dari
alfabetik dan ilustrasinya dalam sebuah pakaian, dapat dijadikan sebagai media
pembelajaran berbasis visual. Dengan menggunakan teknik aplikasi bordir yang
terdapat pada pakaian. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mengenalkan
media visual sebagai metode pembelajaran dan mengenalkan pakaian sebagai
salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara
kepada 6 orang yang ahli dalam bidang pendidikan anak, psikologi anak, bahan
dan material pakaian, pemilik toko pakaian anak, manejer toko ritail pakaian anak,
hingga fotografer yang sering memfoto anak. Selain itu, wawancara juga
dilakukan terhadap 12 orang tua dengan anak berusia 4-6 tahun yang sedang
memasuki proses pembelajaran membaca. Dari semua penelitian yang sudah
dilakukan, didapatlah sebuah konsep pakaian sehari hari yang memiliki aplikasi
berupa alfabetik dan ilustrasinya. Pakaian anak laki-laki dan anak perempuan
yang berjumlah 5 pasang. Dengan menggunakan material yang nyaman dan aman,
serta model pakaian yang nyaman sehingga tidak membatasi ruang gerak anak.
Sehingga anak-anak dengan nyaman dapat beraktivitas serta dapat belajar
mengenali huruf-huruf beserta ilustrasinya yang ada dipakaian.
